Ampuh Membasmi Nyamuk

Gudangnya Video Lucu + Heboh

Bahaya Obat Nyamuk Bagi Anak Dan Bayi

Bahaya Obat Nyamuk Bagi Anak - Anda selaku orangtua mungkin jengkel oleh sengatan nyamuk yang tanpa basa-basi menghisap darah sang buah hati. Apalagi jika yang digigit adalah bayi yang belum bisa bergerak dan masih memiliki kulit yang halus dan lembut. Bentolan kecil berwarna merah yang ditimbulkan akibat gigitannya terkadang membuat gatal dan menyebabkan bayi tidak nyaman dan akhirnya menangis. Lantas apa solusi yang aman untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk? Dan apakah benar obat nyamuk yang beredar di pasaran begitu berbahaya atau mitos belaka?

Bahaya Obat Nyamuk Bagi Bayi


Di lingkungan sekitar rumah kita masih banyak warga yang memakai obat nyamuk sebagai cara ampuh mengusir nyamuk rumahan. Berbagai penyakit yang ditularkan oleh hewan penghisap darah ini menjadi salah satu alasan untuk terus menggunakan obat nyamuk supaya terlindung dari gigitannya. Tapi apakah anda tahu tentang bahaya obat nyamuk bagi anak anda? Menurut penelitian, belum ada satupun obat nyamuk yang benar-benar aman khususnya untuk anak di bawah lima tahun. Dari mulai obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot sampai obat nyamuk elektrik sekalipun.

Bahaya Obat Nyamuk Bagi Bayi Sesuai Jenisnya


Untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda, yuk kita tinjau beberapa zat yang terkandung dalam macam-macam obat nyamuk di Indonesia yang sering kita gunakan sehari-hari.

  • Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Bayi

Obat nyamuk jenis ini sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat kita. Meskipun masih ada beberapa wilayah yang masih memakainya. Adanya zat diklorvos yang bisa menyebabkan terganggunya jantung, pernafasan, sistem syaraf sampai memicu timbulnya kanker membuat zat yang satu ini menjadi zat racun yang sangat beracun didunia. Selain zat diklorvos, masih ada juga zat lain seperti propoxur yang dapat membuat terganggunya sistem syaraf. Bayangkan apa yang terjadi jika anda rutin menyalakan obat nyamuk bakar di dekat sang buah hati. Tentu sangat berbahaya bukan?

  • Bahaya Obat Nyamuk Semprot Bayi

Obat nyamuk semprot lebih banyak dipakai dalam ruangan tertutup. Dengan jargon yang “katanya” tidak berbahaya dan diproduksi dengan berbagai macam aroma yang wangi agar membuat para penggunanya merasa nyaman. Biasanya kita disarankan untuk memasuki ruangan tersebut setelah 1 jam disemprotkan obat nyamuk semprot.

Pada kenyataannya zat propoxur dan diklorvos juga terdapat di dalam obat nyamuk jenis ini. Namun ada beberapa produk yang mengatakan bahwa mereka tidak menggunakan zat ini dan tentu saja tingkat keampuhannya dalam membasmi nyamuk malam tak sehebat yang menggunakan kedua zat tersebut.

  • Bahaya Obat Nyamuk Elektrik Bagi Bayi

Banyak orang beranggapan bahwa obat nyamuk jenis ini adalah yang paling aman digunakan terlebih lagi jika diletakkan di kamar bayi. Padahal kalau anda mengetahuinya, obat nyamuk elektrik ini hampir sama dengan obat nyamuk bakar. Bahkan ada zat lain yang terkandung di dalamnya, yaitu transflutrin dan alletrin yang dapat membuat kita sulit bernafas. Inilah salah satu bahaya obat nyamuk elektrik yang tidak diketahui oleh orang banyak.

  • Bahaya Obat Nyamuk Oles Untuk Kulit Bayi

Obat nyamuk jenis ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan pada bayi. Hal ini karena kulit bayi sangat sensitif terhadap sesuatu yang sifatnya kimiawi. Kandungan zat yang bernama diethyltoluamide perlahan-lahan akan mengikis lapisan kulit kita yang pada akhirnya dapat menyebabkan iritasi ringan maupun berat.

Jika boleh kami sarankan, salah satu bentuk pencegahan terhadap obat nyamuk bagi bayi ialah menggunakan Tanaman Paling Ampuh Mengusir Nyamuk seperti Geranium dan Lavender. Jika anda tidak suka dengan aroma atau bau ditimbulkan oleh tanaman herbal tersebut, anda bisa memasang kelambu atau menggunakan raket anti nyamuk untuk membasmi nyamuk yang berkeliaran.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top